Rabu, 14 September 2011

Resume Pemrograman web

PERTEMUAN I
Definisi dan Sejarah
HTML,SCRIPTING dan CSS

Tanggal : 12-09-2011
Definisi HTML
    HTML adalah sebuah halaman web yang menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet.

Sejarah HTML
    Pada tahun 1980, IBM memikirkan untuk pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali sekali elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM juga mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. 
    Dan pada tahun 1986 ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang baik, dan mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879). HTML juga berupa kode yang menginstruksikan penjelajahan web untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan.

Definisi CSS
    CSS(Cascading Style Sheets) adalah mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. CSS berurusan dengan mendesain halaman web, antara lain theme/template dan lain-lain.

Sejarah CSS
    Pada tanggal 17 Agustus 1996, World Wide Consortium (W3C) menjadikan CSS sebagai pemrograman Standart dalam pembuatan dokumen web. Tujuan untuk mengurangi pembuatan tag-tag baru oleh netscape dan internet explorer.

Definisi SCRIPTING
    Script yang kode program tidak perlu pra_pengolahan(misalnya Kompilasi) sebelum dijalankan. Dalam konteks Web Browser, script biasanya mengacu pada kode program yang ditulis dalam JavaScript yang dieksekusi oleh browser ketika halaman di download atau sebagai respon terhadap suatu peristiwa yang dipicu oleh pengguna.
    Scripting dapat membuat halaman web lebih dinamis. sebagai contoh, tanpa reload. atau mengijinkan konten yang akan ditambahkan atau dikirim dari halam tersebut.
    Scripting dibagi menjadi dua yaitu :
  • Server Side Scripting --> Script yang ada disisi server
  • Client Side Scripting --> Script yang ada disisi client
Sejarah SCRIPTING
    Pada tahun 1996 Script diperkenalkan oleh Michael Power 3 DML menggunakan XML non standart serta hanya bisa dibuka oleh satu browser saja.
    Pada tahun 2000 --> DHTML diperkenalkan dengan akhirnya dikembangkan lagi menjadi JavaScript.


PERTEMUAN II
Definisi dan Penggunaan
Web Form(.aspx), Master Page, Table, Font, Hyperlink, Image 

Tanggal :16-09-2011
Master Page
   Cara baru yang diguanakan  pada ASP.Net yang biasanya digunakan agar situs yang dibuat menjadi konsisten terhadap desain dan tampilan. Dan dengan master page juga bisa didefinisikan format tampilan umum yang muncul pada setiap halaman website.
   Cara mendesain suatu tampilan pada master page, bisa menggunakan CSS atau juga dengan menggunakan Style Builder dengan cara klik kanan pada master page dan memilih style. Dan cara penggunaan master page adalah dengan memilih ketika membuat halaman web baru dengan melakukan cek pada cheekbox "select Master Page"

Web Forms
    Model pemrograman yang dapat digunakan oleh server untuk melakukan proses dan menghasilkan web page yang dinamis. contoh penggunaan --> isi suatu halaman dalam web

Table
    Menata suatu informasi agar sesuai dengan yang diinginkan, dan dengan table juga dapat membagi-bagi halaman web yang sesuai. Penggunaan--> klik menu layout-insert table setelah itu muncul jendela Insert table, dan setelah itu bisa memilih antara temlate yang sudah disediakan atau bisa dengan membuat table sendiri.

Font
    Untuk mengatur ukuran, warna, jenis font dan dapat menggunakan tag <FONT> dan </FONT> cara mengganti font keseluruhan halaman pada source <body>
<body Style ="Font-Family :Arial ; Font-size :smaller">

Gambar
   Untuk menyisipkan suatu gambar di dalam halaman web. cara penggunaan--> membuat folder baru setelah itu drag drop image yang akan digunakan dan taruh cursor pada header dan setelah itu klik kanan pada header yang dituju dan pilih background..maka gambar akan masuk pada header tersebut.

Hyperlink
    Halaman web yang terdapat untuk menghubungkan antara satu halaman web dengan halaman web yang lain. cara penggunaan--> dengan menggunakan tag<A> dan </A>. pemakaian tag ini diikuti dengan atribut HREF sebagai alamat dari halaman web yang dituju <a href="Target.html"> arsitektur asp.net </a>

sumber :
  • Handoyo kristanto .2002,Pemrograman aplikasi web dengan ASP.Net.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  • Rickyanto,isak.2003.Membuat aplikasi web dengan ASP.Net.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar